Hello Sobat Inspirasi Keren!

Mungkin kamu pernah merasa kesal ketika sedang menggunakan aplikasi atau sedang membuka sebuah website dan tiba-tiba muncul iklan yang mengganggu. Padahal, kita tidak pernah memasukkan data pribadi kita pada aplikasi atau website tersebut. Hal ini terjadi karena penggunaan data pribadi kita oleh pihak ketiga. Bagaimana cara mencegah iklan di HP Android? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Pertama, kamu bisa mengaktifkan fitur “Opt out of Personalized Ads” pada Google Play Store. Caranya, masuk ke Google Play Store, klik ikon tiga garis di pojok kiri atas, pilih “Setting”, pilih “Ads”, dan aktifkan fitur “Opt out of Personalized Ads”. Dengan mengaktifkan fitur ini, iklan yang muncul pada HP Android kamu akan lebih terkait dengan kebutuhanmu.

Kedua, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu untuk memblokir iklan pada HP Android. Salah satunya adalah Adblock Plus. Aplikasi ini dapat menghapus iklan yang muncul pada browser dan aplikasi yang kamu gunakan.

Ketiga, kamu bisa menggunakan browser yang memiliki fitur untuk memblokir iklan. Salah satu browser yang bisa kamu gunakan adalah Brave Browser. Brave Browser memiliki fitur “Shields” yang dapat memblokir iklan dan melindungi privasi pengguna.

Keempat, kamu bisa memasang aplikasi antivirus. Aplikasi antivirus seperti Avast Mobile Security dapat membantu untuk memblokir iklan pada HP Android. Selain itu, aplikasi antivirus juga dapat melindungi privasi pengguna dari serangan malware dan virus.

Kelima, kamu juga bisa memasang aplikasi VPN. Aplikasi VPN dapat membantu untuk melindungi privasi pengguna dan memblokir iklan yang tidak diinginkan. Salah satu aplikasi VPN yang bisa kamu gunakan adalah NordVPN.

Selain itu, kamu juga sebaiknya tidak memasukkan data pribadi kamu pada aplikasi atau website yang tidak terpercaya. Pastikan kamu selalu membaca kebijakan privasi sebelum memasukkan data pribadi kamu pada sebuah aplikasi atau website.

Jangan lupa untuk selalu memperbarui sistem operasi dan aplikasi pada HP Android kamu. Dengan memperbarui sistem operasi dan aplikasi, kamu dapat memperbaiki bug dan mengoptimalkan keamanan sistem pada HP Android kamu.

Selain itu, jangan mengunduh aplikasi atau game dari sumber yang tidak terpercaya. Pastikan kamu selalu mengunduh dari Google Play Store atau sumber-sumber yang terpercaya.

Jangan lupa untuk membersihkan cache dan data pada aplikasi yang sering kamu gunakan. Dengan membersihkan cache dan data, kamu dapat meningkatkan kinerja HP Android kamu dan menghindari munculnya iklan yang tidak diinginkan.

Jika kamu memiliki masalah dengan munculnya iklan pada aplikasi atau website tertentu, kamu dapat melaporkan hal tersebut pada Google. Caranya, buka browser, masuk ke Google, dan lakukan pencarian dengan keyword “report ads”. Kemudian, pilih “Report an ad” dan ikuti petunjuk yang diberikan.

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan mode “Private Browsing” pada browser yang kamu gunakan. Mode “Private Browsing” dapat membantu untuk melindungi privasi pengguna dan memblokir iklan yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Mencegah iklan di HP Android memang tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin dilakukan. Dengan mengaktifkan fitur “Opt out of Personalized Ads”, menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu untuk memblokir iklan, menggunakan browser yang memiliki fitur untuk memblokir iklan, memasang aplikasi antivirus, memasang aplikasi VPN, tidak memasukkan data pribadi pada aplikasi atau website yang tidak terpercaya, memperbarui sistem operasi dan aplikasi, tidak mengunduh aplikasi atau game dari sumber yang tidak terpercaya, membersihkan cache dan data pada aplikasi yang sering kamu gunakan, melaporkan masalah pada Google, dan menggunakan mode “Private Browsing”, kamu dapat mencegah munculnya iklan yang tidak diinginkan pada HP Android kamu. Yuk, coba sekarang!