Cara Menghilangkan Iklan di HP Secara Permanen

Kenali Jenis Iklan yang Mengganggu

Hello Sobat Inspirasi Keren! Dalam era digital seperti sekarang ini, iklan sudah menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Kita sering menemukan iklan di mana-mana, terutama di ponsel kita. Iklan yang muncul di ponsel bisa sangat mengganggu dan membuat kita tidak nyaman saat menggunakan ponsel. Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan solusi bagaimana cara menghilangkan iklan di hp secara permanen. Sebelum membahas cara menghilangkan iklan, mari kita kenali jenis-jenis iklan yang sering mengganggu di hp kita. Ada tiga jenis iklan yang paling sering muncul, yaitu iklan pop-up, iklan banner, dan iklan yang muncul di aplikasi yang kita gunakan. Iklan pop-up biasanya muncul secara tiba-tiba dan menutupi layar ponsel kita. Iklan banner muncul di bagian atas atau bawah layar ponsel kita, sedangkan iklan di aplikasi muncul ketika kita membuka aplikasi tersebut.

Cara Menghilangkan Iklan Pop-Up

Iklan pop-up seringkali mengganggu aktivitas kita di ponsel. Untuk menghilangkan iklan pop-up, kita bisa memasang aplikasi blocker iklan seperti AdBlock Plus. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan sangat efektif dalam memblokir iklan pop-up. Selain itu, kita juga bisa mengatur pengaturan di browser ponsel kita untuk memblokir pop-up. Caranya, buka browser ponsel kita, lalu klik pengaturan, pilih privasi dan keamanan, kemudian aktifkan opsi ‘blokir pop-up’.

Cara Menghilangkan Iklan Banner

Iklan banner bisa sangat mengganggu ketika kita sedang membaca atau menonton video di ponsel kita. Kita bisa mencoba untuk memasang aplikasi pemblokir iklan seperti AdGuard. Aplikasi ini tidak hanya memblokir iklan banner, tapi juga iklan pop-up dan iklan di aplikasi. Selain itu, kita juga bisa memasang aplikasi browser yang sudah dilengkapi dengan pemblokir iklan seperti Brave Browser atau DuckDuckGo.

Cara Menghilangkan Iklan di Aplikasi

Iklan di aplikasi seringkali muncul ketika kita sedang menggunakan aplikasi tersebut. Untuk menghilangkan iklan di aplikasi, kita bisa memasang aplikasi pihak ketiga seperti Lucky Patcher atau AdAway. Aplikasi ini akan memodifikasi aplikasi yang kita gunakan sehingga iklan tidak akan muncul lagi. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi ini bisa melanggar aturan penggunaan aplikasi dan berpotensi membahayakan ponsel kita.

Cara Menghilangkan Iklan di Ponsel Rooted

Jika ponsel kita sudah di-rooted, kita bisa menggunakan aplikasi Xposed Framework untuk memblokir iklan. Aplikasi ini membutuhkan akses root dan bisa digunakan untuk memblokir iklan di semua aplikasi yang kita gunakan. Namun, penggunaan aplikasi ini juga berpotensi membahayakan ponsel kita jika tidak digunakan dengan benar.

Cara Menghilangkan Iklan di iPhone

Bagi pengguna iPhone, kita bisa memblokir iklan dengan mengaktifkan opsi ‘blokir iklan’ di Safari. Caranya, buka pengaturan, lalu pilih Safari, kemudian aktifkan opsi ‘blokir iklan’. Selain itu, kita juga bisa memasang aplikasi blocker iklan seperti AdGuard atau Adblock Plus.

Cara Menghilangkan Iklan di Android Tanpa Root

Jika ponsel kita tidak di-rooted, kita masih bisa menghilangkan iklan dengan cara menggunakan aplikasi pemblokir iklan. Beberapa aplikasi pemblokir iklan yang bisa kita gunakan di Android tanpa root antara lain Adblock Plus, AdGuard, atau Brave Browser.

Peringatan Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga

Perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk memblokir iklan bisa melanggar aturan penggunaan aplikasi dan berpotensi membahayakan ponsel kita. Sebaiknya kita menggunakan aplikasi yang terpercaya dan sudah teruji keamanannya. Selain itu, pastikan kita memahami risiko dan konsekuensi yang bisa terjadi jika menggunakan aplikasi tersebut.

Pengaturan Privasi di Ponsel

Selain memasang aplikasi pemblokir iklan, kita juga bisa mengatur pengaturan privasi di ponsel kita untuk mengurangi jumlah iklan yang muncul. Caranya, buka pengaturan, lalu pilih privasi dan keamanan, kemudian atur pengaturan iklan yang muncul di ponsel kita.

Penggunaan VPN

Penggunaan VPN bisa membantu kita untuk memblokir iklan yang muncul di ponsel. Beberapa VPN seperti NordVPN atau ExpressVPN sudah dilengkapi dengan fitur pemblokir iklan. Selain itu, penggunaan VPN juga bisa meningkatkan keamanan dan privasi kita saat menggunakan internet di ponsel.

Pengaturan di Aplikasi

Beberapa aplikasi juga sudah dilengkapi dengan pengaturan untuk memblokir iklan. Sebagai contoh, aplikasi YouTube bisa kita atur agar tidak menampilkan iklan saat kita menonton video. Caranya, buka aplikasi YouTube, lalu klik profil, kemudian pilih pengaturan, dan aktifkan opsi ‘tayangkan iklan yang dibuat oleh pemilik video’.

Penggunaan Browser

Penggunaan browser seperti Brave Browser atau DuckDuckGo bisa membantu kita untuk memblokir iklan di ponsel. Selain itu, browser ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan dan privasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan browser standar yang sudah terpasang di ponsel kita.

Opt-Out dari Iklan

Beberapa perusahaan iklan sudah menyediakan opsi untuk opt-out atau tidak menerima iklan dari mereka. Kita bisa mencari tahu bagaimana cara opt-out dari perusahaan iklan yang sering muncul di ponsel kita. Selain itu, kita juga bisa memasang aplikasi opt-out seperti AppChoices atau Ghostery.

Periksa Akses Aplikasi

Beberapa iklan muncul di ponsel kita karena aplikasi yang kita gunakan membutuhkan akses ke data dan informasi pribadi kita. Kita bisa memeriksa akses aplikasi di pengaturan ponsel kita dan membatasi akses aplikasi yang tidak diperlukan.

Penggunaan Ponsel Khusus

Jika kita benar-benar tidak ingin melihat iklan di ponsel kita, kita bisa mempertimbangkan untuk membeli ponsel khusus yang sudah dilengkapi dengan fitur pemblokir iklan. Beberapa ponsel khusus yang bisa kita pertimbangkan antara lain ponsel dari Fairphone atau Librem.

Penggunaan Custom ROM

Jika ponsel kita sudah di-rooted, kita bisa menggunakan custom ROM untuk memblokir iklan. Beberapa custom ROM yang bisa kita gunakan antara lain LineageOS atau Resurrection Remix. Custom ROM ini memungkinkan kita untuk memodifikasi ponsel kita dan menghilangkan iklan secara permanen.

Periksa Aplikasi yang Terpasang di Ponsel

Beberapa aplikasi yang terpasang di ponsel kita bisa memunculkan iklan yang mengganggu. Kita bisa memeriksa aplikasi yang terpasang di ponsel kita dan mencari tahu aplikasi mana yang sering memunculkan iklan. Selanjutnya, kita bisa mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi tersebut atau mencari alternatif aplikasi yang tidak menampilkan iklan.

Pengaturan DNS

Pengaturan DNS bisa membantu kita untuk memblokir iklan di ponsel. Beberapa DNS seperti AdGuard DNS atau NextDNS sudah dilengkapi dengan fitur pemblokir iklan. Kita bisa mengatur DNS di pengaturan jaringan ponsel kita.

Penggunaan Firewall

Penggunaan firewall bisa membantu kita untuk memblokir iklan di ponsel. Beberapa firewall seperti NoRoot Firewall atau NetGuard sudah dilengkapi dengan fitur pemblokir iklan. Kita bisa memasang firewall ini dan mengatur aplikasi mana yang boleh mengakses internet atau tidak.

Peringatan Mengenai Penghapusan Iklan

Perlu diingat bahwa penghapusan iklan bisa memengaruhi pendapatan dari pengembang aplikasi atau situs web yang kita gunakan. Sebaiknya kita mempertimbangkan untuk tetap menampilkan beberapa iklan atau memilih opsi penghapusan iklan yang tidak terlalu memengaruhi pendapatan pengembang aplikasi atau situs web.

Penggunaan Mode Pesawat

Penggunaan mode pesawat bisa membantu kita untuk menghilangkan iklan di ponsel. Caranya, aktifkan mode pesawat di ponsel kita saat kita tidak memerlukan koneksi internet. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan mode pesawat juga membatasi fungsi ponsel kita dan tidak bisa digunakan saat kita membutuhkan koneksi internet.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita sudah membahas beberapa cara menghilangkan iklan di hp secara permanen. Cara yang paling efektif adalah dengan memasang aplikasi pemblokir iklan seperti AdBlock Plus, AdGuard, atau Brave Browser. Selain itu, kita juga bisa mengatur pengaturan privasi di ponsel kita, menggunakan VPN, atau memeriksa aplikasi yang terpasang di ponsel kita. Namun, perlu diingat bahwa penghapusan iklan bisa memengaruhi pendapatan dari pengembang aplikasi atau situs web yang kita gunakan. Jadi, mari kita tetap bijak dalam menghilangkan iklan di hp kita. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Inspirasi Keren!