Kenali Tipe-tipe Iklan di Aplikasi

Hello Sobat Inspirasi Keren! Saat ini, hampir semua aplikasi yang kita gunakan di smartphone atau tablet seringkali menampilkan iklan. Iklan yang muncul di aplikasi biasanya sangat mengganggu dan membuat kita menjadi tidak nyaman. Tapi jangan khawatir, kamu bisa memblokir iklan di aplikasi agar tidak mengganggu kamu saat menggunakan aplikasi tersebut. Sebelum membahas cara memblokir iklan di aplikasi, pertama-tama kamu harus tahu terlebih dahulu tipe-tipe iklan yang biasanya muncul di aplikasi.

Iklan pop-up: Iklan jenis ini muncul secara tiba-tiba di layar smartphone atau tablet, bahkan ketika kamu sedang menggunakan aplikasi lain.

Iklan bingkai: Iklan jenis ini muncul dalam bentuk bingkai atau kotak kecil yang menempel pada bagian atas atau bawah layar aplikasi.

Iklan fullscreen: Iklan jenis ini muncul dalam bentuk iklan fullscreen yang menutupi layar aplikasi yang sedang kamu gunakan.

Iklan video: Iklan jenis ini berupa video yang muncul di tengah-tengah atau sebelum kamu menggunakan aplikasi tertentu.

Gunakan Aplikasi Pemblokir Iklan

Salah satu cara paling efektif untuk memblokir iklan di aplikasi adalah dengan menggunakan aplikasi pemblokir iklan. Aplikasi pemblokir iklan akan membantu kamu memblokir semua jenis iklan yang muncul di aplikasi, sehingga kamu bisa lebih fokus saat menggunakan aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi pemblokir iklan yang bisa kamu gunakan antara lain OpenDNS, AdGuard, atau Blokada. Kamu bisa mencari dan mengunduh aplikasi pemblokir iklan tersebut di Google Play Store atau App Store.

Pilih Aplikasi yang Tidak Menampilkan Iklan

Cara lain untuk menghindari iklan di aplikasi adalah dengan memilih aplikasi yang tidak menampilkan iklan. Saat ini, ada banyak aplikasi yang menawarkan fitur premium atau berbayar sehingga kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut tanpa iklan. Namun, jika kamu tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli aplikasi berbayar, kamu bisa mencari aplikasi alternatif yang tidak menampilkan iklan di Google Play Store atau App Store.

Ubah Pengaturan Aplikasi

Beberapa aplikasi memungkinkan kamu untuk mengubah pengaturan iklan. Dalam pengaturan aplikasi, biasanya terdapat opsi untuk mematikan iklan atau mengubah preferensi iklan. Kamu bisa mencari pengaturan tersebut di menu Pengaturan atau Setelan pada aplikasi yang kamu gunakan. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi menyediakan opsi untuk mengubah pengaturan iklan, sehingga kamu harus mencari tahu terlebih dahulu sebelum mencoba cara ini.

Hapus Aplikasi yang Menyebabkan Iklan Muncul

Jika kamu merasa terganggu dengan iklan yang muncul di suatu aplikasi, kamu bisa menghapus aplikasi tersebut dari smartphone atau tablet kamu. Dengan menghapus aplikasi tersebut, kamu juga akan menghapus iklan yang muncul di dalamnya. Namun, pastikan bahwa aplikasi yang ingin kamu hapus bukanlah aplikasi yang penting atau sering digunakan.

Perbarui Aplikasi

Beberapa aplikasi memang mengalami gangguan atau bug yang membuat iklan muncul secara tidak wajar. Jika kamu mengalami masalah seperti ini, maka kamu bisa mencoba untuk memperbarui aplikasi tersebut. Dengan memperbarui aplikasi, kamu akan mendapatkan versi terbaru yang sudah diperbaiki dan kemungkinan besar iklan di dalamnya akan berkurang atau tidak muncul lagi.

Blokir Iklan dengan Firewall

Cara lain untuk memblokir iklan di aplikasi adalah dengan menggunakan firewall. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan firewall bawaan pada smartphone atau tablet kamu atau menggunakan aplikasi firewall yang tersedia di Google Play Store atau App Store. Firewall akan membantu kamu memblokir semua koneksi yang berkaitan dengan iklan, sehingga iklan tidak akan muncul di aplikasi yang kamu gunakan.

Hindari Aplikasi yang Tidak Terpercaya

Salah satu alasan mengapa iklan seringkali muncul di aplikasi adalah karena aplikasi tersebut tidak terpercaya atau mengandung virus. Oleh karena itu, sebelum mengunduh dan menggunakan aplikasi, pastikan bahwa aplikasi tersebut aman dan terpercaya. Kamu bisa membaca ulasan atau review dari pengguna lain sebelum mengunduh aplikasi tersebut.

Gunakan Mode Pesawat

Cara lain untuk menghindari iklan di aplikasi adalah dengan menggunakan mode pesawat. Dalam mode pesawat, semua koneksi data akan dimatikan sehingga iklan tidak akan muncul di aplikasi yang kamu gunakan. Namun, perlu diingat bahwa kamu tidak akan bisa menggunakan koneksi internet saat mode pesawat aktif.

Mengubah Pengaturan Google Ad

Pada smartphone atau tablet yang menggunakan sistem operasi Android, kamu bisa mengubah pengaturan Google Ad untuk mengurangi jumlah iklan yang muncul di aplikasi. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Google Settings atau Pengaturan Google, lalu pilih iklan, dan matikan opsi Personalisasi Iklan atau Ubah Iklan yang Muncul. Dengan mengubah pengaturan ini, jumlah iklan yang muncul di aplikasi akan dikurangi.

Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi

Beberapa aplikasi seringkali mengirimkan notifikasi atau pemberitahuan yang berisi iklan atau promosi. Jika kamu merasa terganggu dengan notifikasi tersebut, kamu bisa mematikan notifikasi aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan atau Setelan, lalu pilih Aplikasi atau Aplikasi dan Pemberitahuan, dan matikan opsi Notifikasi untuk aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan notifikasinya.

Gunakan Aplikasi Alternatif yang Tidak Menampilkan Iklan

Jika kamu merasa terganggu dengan iklan yang muncul di aplikasi, kamu bisa mencari aplikasi alternatif yang tidak menampilkan iklan. Beberapa aplikasi alternatif yang tidak menampilkan iklan antara lain VLC untuk memutar video, Mozilla Firefox untuk browsing internet, atau Textra untuk mengirim pesan teks. Kamu bisa mencari aplikasi alternatif di Google Play Store atau App Store.

Periksa dan Update Sistem Operasi

Sistem operasi pada smartphone atau tablet juga mempengaruhi jumlah iklan yang muncul di aplikasi. Oleh karena itu, pastikan bahwa sistem operasi pada smartphone atau tablet kamu selalu diperbarui ke versi terbaru. Dengan menggunakan versi terbaru, kamu akan mendapatkan fitur dan perbaikan yang lebih baik, termasuk pengaturan iklan yang lebih baik.

Bersihkan Cache dan Data Aplikasi

Cache dan data aplikasi yang terlalu banyak juga bisa membuat iklan muncul secara tidak wajar di aplikasi. Oleh karena itu, kamu bisa membersihkan cache dan data aplikasi secara berkala. Caranya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan atau Setelan, lalu pilih Aplikasi atau Aplikasi dan Pemberitahuan, dan pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cache dan datanya. Setelah itu, pilih opsi Hapus Cache atau Hapus Data.

Matikan Koneksi Internet Saat Menggunakan Aplikasi

Cara lain untuk menghindari iklan di aplikasi adalah dengan mematikan koneksi internet saat menggunakan aplikasi. Dengan mematikan koneksi internet, iklan tidak akan muncul di aplikasi yang kamu gunakan. Namun, perlu diingat bahwa kamu tidak akan bisa menggunakan fitur-fitur yang membutuhkan koneksi internet saat koneksi internet dimatikan.

Matikan Koneksi WiFi atau Data Saat Tidak Digunakan

Saat sedang tidak menggunakan koneksi internet, kamu bisa mematikan koneksi WiFi atau data pada smartphone atau tablet kamu. Dengan mematikan koneksi WiFi atau data, kamu akan menghemat penggunaan data dan juga menghindari iklan yang muncul di aplikasi.

Periksa Izin Aplikasi

Beberapa aplikasi membutuhkan izin tertentu untuk bisa berjalan dengan baik. Namun, tidak semua izin yang diminta oleh aplikasi itu aman. Beberapa izin bisa membuat iklan muncul di aplikasi atau bahkan membocorkan data pribadi kamu. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu hanya memberikan izin yang benar-benar dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.

Ubah Pengaturan Google Play Store

Pada smartphone atau tablet yang menggunakan sistem operasi Android, kamu juga bisa mengubah pengaturan Google Play Store untuk mengurangi jumlah iklan yang muncul di aplikasi. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Google Play Store, lalu pilih menu Pengaturan atau Setelan, dan matikan opsi Iklan di Google Play Store.

Gunakan Aplikasi Penjelajah Web yang Memiliki Fitur AdBlock

Jika kamu merasa terganggu dengan iklan yang muncul saat browsing internet melalui aplikasi, kamu bisa menggunakan aplikasi penjelajah web yang memiliki fitur AdBlock. Fitur AdBlock akan membantu kamu memblokir semua iklan yang muncul saat kamu browsing internet melalui aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi penjelajah web yang memiliki fitur AdBlock antara lain UC Browser, Google Chrome, atau Mozilla Firefox.

Hapus Cache dan Data Google Play Store

Cache dan data Google Play Store yang terlalu banyak juga bisa membuat iklan muncul secara tidak wajar di aplikasi. Oleh karena itu, kamu bisa membersihkan cache dan data Google Play Store secara berkala. Caranya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan atau Setelan, lalu pilih Aplikasi atau Aplikasi dan Pemberitahuan, dan pilih Google Play Store. Setelah itu, pilih opsi Hapus Cache atau Hapus Data.

Menggunakan Aplikasi VPN

Cara terakhir untuk memblokir iklan di aplikasi adalah dengan menggunakan aplikasi VPN. Aplikasi VPN akan membantu kamu memblokir semua koneksi yang berkaitan dengan iklan, sehingga iklan tidak akan muncul di aplikasi yang kamu gunakan. Namun, pastikan bahwa kamu menggunakan aplikasi VPN yang terpercaya dan aman.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara memblokir iklan di aplikasi yang bisa kamu coba. Dengan memblokir iklan di aplikasi, kamu bisa lebih fokus saat menggunakan aplikasi tersebut dan tidak terganggu dengan iklan yang muncul secara tidak wajar. Pastikan bahwa kamu menggunakan cara yang aman dan terpercaya saat memblokir iklan di aplikasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu memblokir iklan di aplikasi yang mengganggu. Terima kasih sudah membaca artikel ini, Sobat Inspirasi Keren!