Halo, Sobat Inspirasi Keren! Kamu pasti pernah merasa terganggu dengan iklan yang muncul tiap kali membuka aplikasi atau website di HP Android, kan? Selain menguras kuota internet dan memperlambat kinerja, iklan yang muncul tiba-tiba juga bisa mengganggu kenyamanan pengguna. Nah, kali ini kita akan membahas cara menghilangkan iklan di HP Android agar kamu bisa merasakan kembali pengalaman yang lebih nyaman dan lancar dalam menggunakan perangkatmu.

Pertama-tama, kita perlu mengidentifikasi sumbernya. Biasanya iklan muncul karena adanya aplikasi yang terpasang di HP kita atau karena virus. Jadi, langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus aplikasi yang dianggap mencurigakan atau tidak terpakai. Kamu bisa masuk ke Pengaturan HP dan pilih Aplikasi untuk melihat dan menghapus aplikasi yang terpasang.

Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu menghapus iklan dari HP Android. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah AdGuard. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Ad Blocker dan dapat memblokir iklan yang muncul di browser maupun aplikasi yang terpasang di HP.

Jika kamu tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu juga bisa mengaktifkan opsi pemblokiran iklan yang sudah ada di browser yang kamu gunakan seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Caranya mudah, kamu hanya perlu membuka pengaturan browser dan mencari opsi Pemblokiran Iklan.

Jika iklan yang muncul disebabkan oleh virus, maka kamu perlu melakukan pembersihan dengan menggunakan aplikasi antivirus. Ada banyak aplikasi antivirus yang bisa kamu gunakan, seperti Avast atau Kaspersky. Setelah terpasang, lakukan pemindaian untuk mencari dan menghapus virus yang menyebabkan iklan muncul.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan opsi pemblokiran iklan yang ada di Google Play Store. Klik ikon tiga garis yang terdapat di bagian kiri atas dan pilih Pengaturan. Pada opsi Penggunaan Data, kamu akan menemukan opsi “Tambahkan Lisensi Ad” yang bisa diaktifkan untuk memblokir iklan di Play Store.

Untuk pengguna HP Xiaomi, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Security yang sudah terpasang di HP kamu. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur Cleaner dan dapat membersihkan file yang tidak terpakai serta virus yang menjadi penyebab iklan muncul di HP Android.

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun iklan tetap muncul, maka kamu bisa mencoba menggunakan browser yang tidak menampilkan iklan seperti Brave Browser atau Opera Mini. Kedua browser ini memiliki fitur Anti-Tracking dan Anti-Ads yang dapat membantu memblokir iklan yang muncul di HP Android.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu melakukan update sistem dan aplikasi di HP kamu. Update ini penting dilakukan untuk memperbaiki bug dan menghilangkan celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh virus atau malware yang menyebabkan iklan muncul di HP Android.

Kesimpulan

Menghilangkan iklan di HP Android memang memerlukan sedikit usaha, namun hal ini akan sangat membantu menyediakan pengalaman yang lebih nyaman dan lancar dalam menggunakan perangkatmu. Selain menghapus aplikasi yang mencurigakan atau tidak terpakai, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AdGuard atau memanfaatkan opsi pemblokiran iklan yang sudah ada di browser yang kamu gunakan. Jangan lupa untuk selalu melakukan update sistem dan aplikasi demi menjaga keamanan dan kenyamanan penggunaan HP Androidmu. Semoga artikel ini bermanfaat, Sobat Inspirasi Keren!