Hello Sobat Inspirasi Keren! Siapa yang tidak terganggu dengan iklan yang muncul di perangkat android kita? Iklan ini tidak hanya membuat kita kesal tetapi juga memperlambat kinerja perangkat. Untungnya, ada beberapa cara untuk menghapus iklan di android dengan mudah. Yuk, simak tips berikut ini!

1. Menggunakan Aplikasi Blokir Iklan

Salah satu cara paling mudah untuk menghapus iklan di android adalah dengan menggunakan aplikasi blokir iklan. Ada banyak aplikasi blokir iklan yang tersedia di Google Play Store, seperti AdBlock Plus, AdGuard, dan Blokada. Cukup unduh dan instal salah satu aplikasi ini, dan iklan di perangkat android kamu akan terblokir.

2. Mengaktifkan Mode Pengembang

Jika kamu tidak ingin menggunakan aplikasi blokir iklan, kamu juga bisa mengaktifkan mode pengembang di perangkat android kamu. Caranya mudah, masuk ke menu pengaturan, pilih tentang perangkat, lalu ketuk nomor versi beberapa kali hingga muncul pesan bahwa kamu telah menjadi pengembang. Setelah itu, masuk ke opsi pengembang, dan aktifkan opsi “tunjukkan batas area”. Dengan cara ini, iklan yang muncul di perangkat android kamu akan hilang.

3. Menghapus Aplikasi Penyebab Iklan

Seringkali, iklan muncul di perangkat android kamu karena ada aplikasi yang mengandung iklan. Jika kamu menemukan aplikasi yang sering menampilkan iklan, kamu bisa menghapusnya dari perangkat kamu. Caranya, masuk ke menu pengaturan, pilih aplikasi, lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus. Setelah itu, ketuk hapus aplikasi, dan iklan yang berasal dari aplikasi tersebut akan hilang.

4. Menggunakan Browser dengan Ad-Blocker

Untuk menghapus iklan di browser, kamu bisa menggunakan browser dengan ad-blocker. Beberapa browser yang menyediakan fitur ad-blocker adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Opera. Kamu bisa mengunduh salah satu browser ini dan mengaktifkan opsi ad-blocker di menu pengaturan. Dengan cara ini, iklan yang muncul saat browsing akan hilang.

5. Menggunakan VPN

VPN tidak hanya digunakan untuk mengamankan koneksi internet kamu, tetapi juga bisa digunakan untuk memblokir iklan. Beberapa VPN seperti NordVPN dan CyberGhost VPN menyediakan fitur blokir iklan. Kamu bisa mengunduh salah satu VPN ini dan mengaktifkan opsi blokir iklan di menu pengaturan. Dengan cara ini, iklan yang muncul di perangkat android kamu akan terblokir.

6. Menghapus Cache dan Data Aplikasi

Jika kamu tetap melihat iklan meskipun sudah menggunakan salah satu cara di atas, coba hapus cache dan data aplikasi di perangkat android kamu. Caranya, masuk ke menu pengaturan, pilih aplikasi, lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus cache dan data-nya. Setelah itu, ketuk hapus cache dan hapus data. Dengan cara ini, iklan yang muncul di perangkat android kamu akan hilang.

7. Menggunakan Custom ROM

Jika kamu sudah bosan dengan tampilan dan kinerja perangkat android kamu, kamu juga bisa mencoba menggunakan custom ROM. Beberapa custom ROM seperti LineageOS dan Paranoid Android memiliki fitur blokir iklan bawaan. Kamu bisa mengunduh salah satu custom ROM ini dan mengaktifkan opsi blokir iklan di menu pengaturan. Dengan cara ini, iklan yang muncul di perangkat android kamu akan hilang.

8. Menggunakan Firewall

Firewall bukan hanya digunakan untuk melindungi perangkat android kamu dari serangan hacker, tetapi juga bisa digunakan untuk memblokir iklan. Beberapa firewall seperti NetGuard dan NoRoot Firewall menyediakan fitur blokir iklan. Kamu bisa mengunduh salah satu firewall ini dan mengaktifkan opsi blokir iklan di menu pengaturan. Dengan cara ini, iklan yang muncul di perangkat android kamu akan terblokir.

9. Memperbarui Perangkat Android

Terakhir, pastikan perangkat android kamu selalu diperbarui. Setiap pembaruan biasanya juga membawa perbaikan pada keamanan dan kinerja perangkat. Dengan perangkat android yang diperbarui, kamu juga akan lebih terhindar dari iklan yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Sekarang kamu tahu beberapa cara mudah untuk menghapus iklan di perangkat android kamu. Jangan biarkan iklan mengganggu kenyamanan kamu saat menggunakan perangkat android. Coba salah satu cara di atas dan nikmati pengalaman penggunaan perangkat android yang lebih baik. Selamat mencoba!