Pengantar

Hello Sobat Inspirasi Keren! Sebagai pengguna Android, pasti kamu sering dihadapkan dengan iklan yang muncul di aplikasi maupun saat browsing. Selain mengganggu, iklan juga bisa menguras kuota dan memperlambat koneksi internet. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba cara blokir iklan di Android yang akan kami bahas kali ini. Simak terus ya!

Blokir Iklan di Chrome

Salah satu cara blokir iklan di Android adalah dengan menggunakan browser Google Chrome. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengaktifkan fitur “Blokir Iklan” pada pengaturan Chrome. Masuk ke menu Pengaturan > Situs web > Iklan, lalu aktifkan opsi “Blokir iklan”. Dengan begitu, iklan pada situs yang kamu kunjungi akan otomatis diblokir.

Pasang Aplikasi AdBlocker

Jika kamu ingin blokir iklan di aplikasi, kamu bisa memasang aplikasi AdBlocker seperti AdGuard atau Blokada. Aplikasi ini akan memblokir iklan di semua aplikasi yang kamu gunakan, termasuk browser. Selain itu, aplikasi AdBlocker juga bisa membantu menghemat kuota dan mempercepat koneksi internet.

Gunakan Browser dengan Fitur Blokir Iklan

Seiring perkembangan teknologi, banyak browser yang sudah dilengkapi dengan fitur blokir iklan. Contohnya seperti Firefox Focus, Brave, dan Opera Mini. Dengan menggunakan browser ini, kamu tidak perlu repot-repot memasang aplikasi AdBlocker atau mengaktifkan fitur blokir iklan di Chrome.

Blokir Iklan di Aplikasi

Untuk blokir iklan di aplikasi, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti NetGuard atau NoRoot Firewall. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa memblokir koneksi internet aplikasi yang sering menampilkan iklan. Namun, perlu diingat, beberapa aplikasi mungkin tidak bisa berfungsi secara optimal jika koneksi internetnya terputus.

Periksa Pengaturan Google Ads

Google Ads adalah platform iklan yang sering digunakan oleh pengembang aplikasi. Jika kamu tidak ingin menerima iklan yang tidak relevan, kamu bisa mengatur preferensi iklan kamu di Google Ads. Caranya mudah, kamu hanya perlu masuk ke Pengaturan Google > Iklan > preferensi iklan. Di sana, kamu bisa menyesuaikan jenis iklan yang ingin muncul pada perangkat kamu.

Gunakan VPN

VPN atau Virtual Private Network bisa membantumu mengakses internet dengan lebih aman dan terlindungi. Namun, beberapa VPN juga dilengkapi dengan fitur blokir iklan. Jadi, selain untuk melindungi privasi kamu, VPN juga bisa membantu menghilangkan iklan yang mengganggu.

Gunakan Modifikasi Aplikasi

Jika kamu ingin menghilangkan iklan pada aplikasi tertentu, kamu bisa mencoba menggunakan modifikasi aplikasi. Caranya dengan mengunduh versi modifikasi aplikasi yang telah diblokir iklannya. Namun, kamu harus berhati-hati karena tidak semua modifikasi aplikasi terjamin keamanannya.

Jangan Mengklik Iklan

Terakhir, jika kamu tidak ingin menerima iklan yang mengganggu, cobalah untuk tidak mengklik iklan tersebut. Mengklik iklan yang tidak relevan hanya akan membuat kamu semakin sering menerima iklan yang sama. Jadi, lebih baik hindari mengklik iklan yang tidak penting.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa cara blokir iklan di Android yang bisa kamu coba. Dengan menghilangkan iklan yang mengganggu, kamu bisa meningkatkan pengalaman navigasi dan menghemat kuota internet kamu. Ingat, lebih baik menghindari iklan yang tidak relevan daripada mengklik iklan tersebut. Semoga bermanfaat!