Memasang Aplikasi Adblock

Hello Sobat Inspirasi Keren! Kamu pasti sering kesal dengan iklan-iklan yang terus muncul saat menggunakan smartphone, bukan? Selain mengganggu, iklan juga bisa menguras kuota internet. Nah, salah satu cara agar hp tidak ada iklan terus adalah dengan memasang aplikasi Adblock. Aplikasi ini dapat memblokir iklan dari berbagai jenis aplikasi dan situs web. Kamu bisa mencari aplikasi Adblock di Google Play Store atau App Store.

Selain memasang aplikasi Adblock, kamu juga bisa menggunakan fitur ad-blocker yang sudah tersedia di browser. Beberapa browser yang memiliki fitur ad-blocker antara lain Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera. Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu bisa menjelajahi internet tanpa gangguan iklan. Namun, perlu diingat bahwa beberapa situs web dapat mendeteksi ad-blocker dan meminta pengguna untuk menonaktifkan fitur tersebut untuk bisa mengakses konten.

Menonaktifkan Notifikasi Iklan

Selain iklan yang muncul di aplikasi dan situs web, kamu juga pasti sering menerima notifikasi iklan dari aplikasi yang terpasang di smartphone. Notifikasi iklan ini bisa sangat mengganggu, terutama jika muncul secara terus-menerus. Nah, untuk menghindari notifikasi iklan, kamu bisa menonaktifkan notifikasi dari aplikasi yang dianggap mengganggu. Caranya cukup mudah, masuk ke pengaturan notifikasi di smartphonemu, lalu pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan notifikasinya.

Menggunakan VPN

Selain memasang aplikasi Adblock, kamu juga bisa menggunakan VPN untuk menghindari iklan. VPN (Virtual Private Network) adalah layanan yang dapat menyembunyikan alamat IP kamu, sehingga kamu bisa menjelajahi internet secara anonim. Beberapa aplikasi VPN juga memiliki fitur ad-blocker, sehingga kamu bisa mengakses internet tanpa iklan. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan VPN juga bisa mempengaruhi kecepatan internet kamu.

Menggunakan Browser yang Dapat Memblokir Iklan

Jika kamu sering menggunakan browser untuk menjelajahi internet, kamu bisa menggunakan browser yang dapat memblokir iklan. Beberapa browser yang dapat memblokir iklan antara lain Brave Browser, Microsoft Edge, dan UC Browser. Dengan menggunakan browser ini, kamu bisa mengakses internet tanpa gangguan iklan.

Menghindari Situs Web yang Membuat Iklan Pop-Up

Situs web yang membuat iklan pop-up seringkali sangat mengganggu, terutama jika kamu sedang membaca artikel atau menonton video. Nah, untuk menghindari situs web yang membuat iklan pop-up, kamu bisa memasang aplikasi yang dapat memblokir situs web tersebut. Beberapa aplikasi yang dapat memblokir situs web iklan pop-up antara lain AdGuard dan Blokada.

Menginstal Aplikasi dari Sumber yang Terpercaya

Salah satu penyebab munculnya iklan di smartphone adalah karena pengguna menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. Aplikasi yang diunduh dari sumber yang tidak terpercaya seringkali menyertakan iklan yang mengganggu. Nah, untuk menghindari iklan yang tidak diinginkan, pastikan kamu hanya menginstal aplikasi dari sumber yang terpercaya, seperti Google Play Store atau App Store.

Menggunakan Mode Pesawat

Jika kamu tidak ingin gangguan iklan saat sedang tidak menggunakan smartphone, kamu bisa menggunakan mode pesawat. Mode pesawat dapat mematikan koneksi internet dan semua notifikasi, sehingga kamu tidak akan terganggu oleh iklan. Namun, pastikan kamu tidak menyalakan mode pesawat jika sedang menunggu pesan penting atau panggilan telepon.

Menghapus Aplikasi yang Mengandung Iklan

Jika kamu sudah memasang aplikasi yang mengandung iklan dan ingin menghapusnya, caranya cukup mudah. Masuk ke pengaturan aplikasi di smartphonemu, lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus. Klik hapus, dan aplikasi tersebut akan terhapus dari smartphone kamu. Namun, pastikan kamu sudah backup data penting yang ada di aplikasi tersebut sebelum menghapusnya.

Memasang Firewall di Smartphone

Selain memasang aplikasi Adblock, kamu juga bisa memasang firewall di smartphone. Firewall adalah program yang dapat mencegah aplikasi atau situs web yang tidak terpercaya untuk terhubung ke internet. Dengan memasang firewall, kamu bisa menghindari iklan yang muncul dari aplikasi atau situs web yang tidak diinginkan. Beberapa aplikasi firewall yang dapat kamu instal di smartphone antara lain NetGuard dan NoRoot Firewall.

Menggunakan Aplikasi yang Telah Dibayar

Banyak aplikasi di Google Play Store atau App Store yang tersedia gratis, namun seringkali mengandung iklan. Nah, untuk menghindari iklan, kamu bisa menggunakan aplikasi yang telah dibayar. Meskipun kamu harus mengeluarkan uang untuk membeli aplikasi tersebut, namun kamu akan lebih nyaman saat menggunakannya karena tidak akan terganggu oleh iklan.

Mematikan Data Seluler

Jika kamu tidak ingin terganggu oleh iklan saat sedang menggunakan smartphone di tempat umum, kamu bisa mematikan data seluler. Dengan mematikan data seluler, kamu tidak akan menerima notifikasi iklan karena smartphone tidak terhubung ke internet. Namun, pastikan kamu tetap bisa menerima panggilan atau pesan penting saat data seluler dimatikan.

Menggunakan Smartphone yang Tidak Terpasang Aplikasi Iklan

Jika kamu sedang mencari smartphone baru, pastikan kamu memilih smartphone yang tidak terpasang aplikasi iklan. Beberapa merek smartphone memang terkenal karena seringkali memasang aplikasi iklan di dalamnya, sehingga membuat pengguna terganggu. Nah, untuk menghindari masalah ini, pastikan kamu memilih smartphone yang tidak terpasang aplikasi iklan.

Menambahkan Ekstensi Ad-Blocker di Browser

Selain menggunakan aplikasi Adblock, kamu juga bisa menambahkan ekstensi ad-blocker di browser. Ekstensi ad-blocker adalah fitur tambahan yang dapat memblokir iklan dari situs web. Beberapa ekstensi ad-blocker yang dapat kamu instal di browser antara lain AdBlock dan uBlock Origin.

Mengubah Pengaturan Privasi di Smartphone

Untuk menghindari iklan yang mengganggu, kamu bisa mengubah pengaturan privasi di smartphone. Beberapa pengaturan privasi yang bisa kamu ubah antara lain membatasi data yang dikirimkan oleh aplikasi atau situs web, membatasi notifikasi, dan membatasi akses ke lokasi atau kontak. Dengan mengubah pengaturan privasi, kamu bisa menghindari iklan yang tidak diinginkan.

Menggunakan DNS yang Dapat Memfilter Iklan

DNS (Domain Name System) adalah layanan yang digunakan untuk memetakan nama domain ke alamat IP. Beberapa DNS dapat memfilter iklan, sehingga kamu bisa menghindari iklan saat mengakses internet. Beberapa DNS yang dapat kamu gunakan antara lain AdGuard DNS dan OpenDNS.

Menggunakan Aplikasi yang Terintegrasi dengan Adblock

Beberapa aplikasi di Google Play Store atau App Store memiliki fitur ad-blocker yang terintegrasi di dalamnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menghindari iklan yang muncul di aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi yang memiliki fitur ini antara lain YouTube Vanced dan MX Player.

Menggunakan Smartphone dengan Layar yang Kecil

Salah satu faktor yang menyebabkan munculnya iklan di smartphone adalah karena layar yang besar. Semakin besar layar smartphone, semakin banyak iklan yang dapat ditampilkan. Nah, untuk menghindari masalah ini, kamu bisa menggunakan smartphone dengan layar yang kecil. Meskipun begitu, pastikan layar smartphone masih cukup nyaman untuk digunakan.

Menggunakan Mode Penjelajahan Pribadi di Browser

Jika kamu tidak ingin meninggalkan jejak saat menjelajahi internet, kamu bisa menggunakan mode penjelajahan pribadi di browser. Mode penjelajahan pribadi dapat memblokir iklan dan tidak menyimpan riwayat pencarian. Meskipun begitu, kamu tetap harus berhati-hati saat mengakses internet.

Menghapus Cache dan Data Aplikasi

Cache dan data aplikasi dapat mempengaruhi kinerja smartphone dan juga dapat menyebabkan munculnya iklan yang tidak diinginkan. Nah, untuk menghindari masalah ini, kamu bisa menghapus cache dan data aplikasi secara berkala. Caranya cukup mudah, masuk ke pengaturan aplikasi di smartphonemu, lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus cache dan datanya. Klik hapus cache dan data, dan aplikasi tersebut akan menjadi seperti baru lagi.

Menggunakan Aplikasi yang Telah Dimodifikasi

Beberapa aplikasi di Google Play Store atau App Store memiliki versi modifikasi yang telah dihapus iklannya. Kamu bisa mencari versi modifikasi ini di internet atau di forum-forum pemakai smartphone. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi yang telah dimodifikasi bisa berisiko dan tidak disarankan.

Menggunakan Aplikasi yang Memiliki Fitur Pengingat Iklan

Beberapa aplikasi di Google Play Store atau App Store memiliki fitur pengingat iklan yang dapat membantu kamu menghindari iklan. Fitur ini akan memberikan notifikasi jika ada iklan yang muncul di aplikasi atau situs web yang kamu gunakan. Dengan menggunakan fitur pengingat iklan, kamu bisa menghindari iklan yang tidak diinginkan dengan lebih mudah.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara agar hp tidak ada iklan terus. Kamu bisa memilih cara yang paling cocok dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Dengan menghindari iklan, kamu bisa lebih nyaman saat menggunakan smartphone dan juga bisa menghemat kuota internet. Selamat mencoba!